Go Home

WHO Akui Pencarian Asal Corona Menuju Titik Akhir, Bakal Selamanya Jadi Misteri?

WHO Akui Pencarian Asal Corona Menuju Titik Akhir, Bakal Selamanya Jadi Misteri?
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku kelompok penasihat yang baru-baru ini dibentuk untuk mencari tahu asal-usul virus Corona mungkin bakal jadi `kesempatan terakhir`.
Mengapa demikian?

Dikutip dari Reuters, pada Rabu (13/10/2021), WHO menyebut 26 anggota yang diusulkan Kelompok Penasihat Ilmiah tentang Asal-usul Patogen Novel (SAGO).
Di antaranya Marion Koopmans, Thea Fischer, Hung Nguyen, ahli kesehatan hewan Tiongkok Yang Yungui yang mengambil bagian dalam penyelidikan bersama di Wuhan.

Mike Ryan, salah seorang pakar WHO, menyebut tim peneliti ini mungkin menjadi kesempatan terakhir untuk menetapkan asal usul SARS-CoV-2.

"WHO berusaha untuk mengambil langkah mundur, menciptakan lingkungan di mana kita dapat kembali melihat masalah ilmiah",katanya.

"Ini adalah kesempatan terbaik kita, dan ini mungkin kesempatan terakhir kita untuk memahami asal usul virus ini," sambungnya.

Mengingat, kasus pertama COVID-19 dilaporkan di kota Wuhan, China tengah, pada Desember 2019.
China berulang kali menolak teori bahwa virus itu bocor dari salah satu laboratoriumnya.

Sebuah tim yang dipimpin WHO menghabiskan empat minggu di Wuhan awal tahun ini dengan para ilmuwan China.
Dalam laporan pada Maret 2021 disebutkan, virus tersebut mungkin ditularkan dari kelelawar pada manusia melalui hewan lain.
Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengakui penyelidikan terhambat oleh kelangkaan data mentah terkait hari-hari pertama wabah.

Dalam editorial di Science, WHO menyebut penyelidikan terperinci dari kasus-kasus paling awal yang dicurigai muncul di China sebelum Desember 2019 amat diperlukan, termasuk sampel analisis darah yang disimpan sejak 2019 di Wuhan.

"Laboratorium di daerah laporan pertama infeksi manusia muncul di Wuhan harus menjadi fokus, karena mengesampingkan kecelakaan memerlukan bukti yang cukup," kata WHO.

Lantas, bagaimana tanggapan China soal tindak lanjut WHO? Bakalkah menangis dugaan bahwa asal-usul virus Corona dari negara tersebut? Simak di halaman selanjutnya.

Simak Video "Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Menuju Endemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]

Artikel bermanfaat lainnya :

Waduh! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar di Media Sosial

Waduh! Sertifikat Vaksin Jokowi Tersebar Di Media Sosial

Menanggapi hal itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyerahkan kepada Kemenkes. Sertifikat vaksin dosis kedua Presiden Joko Widodo (Jokowi) beredar di media sosial.

Baca selengkapnya

Setelah Ketangkap, Viral Video Coki Ngobrol Bareng Polisi Soal Sabu

Setelah Ketangkap, Viral Video Coki Ngobrol Bareng Polisi Soal Sabu

Video Coki di Majelis Lucu bersama polisi pun menjadi viral karena omongannya yang tahu soal sabu. Coki Pardede ditangkap Satnarkoba Polres Tangerang Kota atas kepemilikan sabu.

Baca selengkapnya

Menkes Buka Suara soal Tersebarnya Sertifikat Vaksin Jokowi

Menkes Buka Suara Soal Tersebarnya Sertifikat Vaksin Jokowi

Budi menjelaskan status vaksinasi seseorang memang bisa dilihat dengan mengetikkan nomor identitas kependudukan (NIK). Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin buka suara mengenai beredarnya sertifikat vaksin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di media

Baca selengkapnya