Go Home

Program Inseminasi Yang Bagus

Teknologi di dunia kedokteran Tanah Air, khususnya seputar reproduksi, saat ini memang berkembang pesat. Jika sebelumnya publik telah mengenal istilah bayi tabung, kini ada program reproduksi lainnya yang disebut inseminasi.

Inseminasi adalah teknologi untuk mendapatkan kehamilan dengan cara menyemprotkan sperma yang sudah diseleksi ke dalam rahim calon ibu. Untuk memilah sperma terbagus ini, harus dilakukan oleh tim laboratorium.

Sperma dengan kualitas bagus dapat dilihat dari kuantitasnya, yaitu berkonsentrasi di atas 10 juta per milimeter. Kemudian, dari 10 juta per milimeter itu, dipreparasi untuk mendapatkan sperma yang benar-benar berkualitas, sekurang-kurangnya satu juta per milimeter.

Sebelum dilakukan inseminasi, sel telur diberi obat terlebih dahulu untuk penyuburan. Setelah beberapa hari, ada cek USG untuk melihat apakah sel telur telah matang. Jika sel telur sudah matang dan sperma terbaik sudah terpilih, inseminasi siap dilakukan.

Dalam prosesnya, sperma dimasukkan ke rahim menggunakan selang kecil melalui jalan lahir (vagina). Aksi sperma di dalam rahim inilah yang sulit dikontrol dalam menentukan hasil menjadi janin. Karena itu, risiko yang dihadapi sang ibu adalah kehamilan lebih dari satu dan kembar. Sementara, risiko terhadap janin inseminasi adalah janin kembar banyak sehingga terjadi kelahiran prematur.

Dengan risiko tersebut, keberhasilan inseminasi hanya sekitar 20-25 persen. Ini masih jauh di bawah tingkat keberhasilan bayi tabung yang mencapai sekitar 47 persen.

Namun, inseminasi dapat dijadikan alternatif bagi pasangan yang belum berhasil memiliki anak dengan hubungan seksual. Biayanya pun jauh lebih murah daripada bayi tabung. Berikut rincian prosedur dan kisaran biaya yang harus dikeluarkan untuk program kehamilan inseminasi.

Artikel bermanfaat lainnya :

biaya program bayi tabung kembar

Biaya Program Bayi Tabung Kembar

Surabaya (ANTARA News) - Dokter Spesialis Fertilitas dan Endokrinologi Reproduksi Departemen Obstetri-Ginekologi (obgin) RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Relly Yanuari Primariawan, (K) menjelaskan bahwa biaya program bayi tabung sekitar Rp40-50 juta, te

Baca selengkapnya

manfaat air beras

Manfaat Air Beras

Jangan langsung buang air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras. Ternyata, sangat banyak manfaat air beras untuk wajah yang bisa didapatkan. Tak her

Baca selengkapnya

manfaat air jahe

Manfaat Air Jahe

Indonesia terkenal akan berbagai jenis rempah-rempahnya. Beberapa diantaranya, adalah jahe dan jeruk nipis. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai m

Baca selengkapnya