Go Home

Nama Tanaman Hias Daun Dan Gambarnya

Macam-macam tanaman hias daun di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari tanaman yang berharga biasa hingga mencapai harga yang sangat tinggi. Tanaman hias daun, meskipun tidak memiliki bau wangi seperti bunga, namun keindahannya tidak bisa diragukan lagi. Karena itu banyak orang yang sangat menyukainya sebagai hiasan atau bahkan koleksi. Tidak jarang orang yang berani mengorbankan berpuluh-puluh juta hanya untuk sebuah tanaman hias. Selain  keindahannya, tanaman hias daun juga disukai karena perawatanya yang tidak sulit.

Macam-Macam Tanaman Hias Daun Yang Indah Dan Menarik

Tanaman hias daun sudah sangat dikenal sejak dahulu, keindahan dan keunikan yang tertuang dalam daun membuat para pencintanya kagum dan ingin merawat tanaman hias daun tersebut sebagai hiasan halaman mau pun di dalam rumah. Berikut ini, pembahasan tentang tanaman daun di Indonesia yang indah dan menarik untuk dimiliki.

  1. Tanaman atrium yang mewah dan anggun

Tanaman atrium sudah sangat dikenal sebagai tanaman hias yang indah, bahkan beberapa tahun lalu tanaman ini sempat mencapai harga yang sangat tinggi hingga jutaan rupiah. Daunnya yang bervariasi dan unik membuat tanaman yang satu ini sangat disenangi. Selain itu bentuk tulang daun yang besar membuat tanaman hias ini telihat sangat mewah dan anggun. Kelebihan lain dari tanaman ini adalah bebas hama sehingga perawatanya pun tidak terlalu sulit anda cukup telaten menyiramnya setiap pagi dan sore.

  1. Tanaman puring “tanaman sejuta warna “

Warna memang selalu menjadi hal yang pertama diperhatikan dari sebuah benda, warna yang mencolok biasanya selalu menjadi perhatian. Nah, itu pun yang dimiliki oleh tanaman hias yang satu ini warnanya yang beragam dan bervariasi membuat tanaman yang bernama latin  Codiaeum Variegatum ini dijuluki sebagai tanaman seribu warna. Selain dikenal dengan seribu warnanya, tanaman ini juga dikenal dengan bentuk daunya yang indah dan bervariasi. Tanaman hias puring  biasanya hidup di daerah beriklim tropis, sebelum terkenal sebagai tanaman hias, tanaman puring ini mulanya selalu dianggap sebagai tanaman liar yang banyak tumbuh di daerah Maluku. Namun, karena keindahan dan keunikannya banyak yang merawat tanaman ini sebagai hiasan pekarangan.

  1. Tanaman hias Aglaonema

Ternyata, selain tanaman puring yang memiliki warna yang sangat bervariasi, jenis tanaman hias aglaonema juga punya memiliki warna yang sangat menarik, hasil perkawinan silang tanaman yang memiliki variasi berbeda membuat variasi warna dari tanaman ini semakin banyak dan terlihat unik.

  1. Tanaman philodendron yang cantik dan segar

Tanaman hias yang satu ini dikenal dengan keindahan daunnya yang berbentuk seperti eceng gondok, serta warnanya yang sangat hijau membuat tanaman yang satu ini akan terlihat segar dan teduh jika diletakan di dalam ruangan. Tapi, keindahannya bukan terletak pada daunnya saja, tanaman hias philodendron juga mempesona dari bentu batangnya. Sebagai tanaman yang berasal dari daerah subtropic akan lebih baik jika merawat tanaman ini diatas air.

  1. Tanaman kadaka “tanaman liar yang indah”

Jauh sebelum tanaman hias atrium, tanaman hias kadaka sudah lebih dulu menjadi trend, daunnya yang tebal dan besar menjadi keunikan tersendiri bagi tanaman ini. Dulu, tanaman ini dianggap sebagai tanaman liar biasa yang banyak tumbuh dihutan, namun karena keindahan dan keunikanya tanaman hias kadaka kini banyak dicari oleh kolektor tanaman hias. Harganya pun sangat bervariasi mulai dai harga termurah yang bisa dijangkau siapa pun hingga harga mahal yang hanya di jangkau oleh orang2 tertentu. Tanaman kadaka sebagai tanaman liar yang indah kini banyak menghiasi halaman rumah, meski popularitasnya dikalahkan atrium tapi keindahannya tidak bisa di ragukan juga.

  1. Tanaman monstera yang mengkilap

Tanaman hias daun di Indonesia selanjutnya adalah monstera, ciri-ciri tanaman yang memiliki warna daun hijau tua dan mengkilap menjadikan tanaman ini banyak dicari oleh para pengkolektor tanaman hias. Meski harganya tidak setinggi tanaman atrium, namun keunikannya bisa diandalkan. Tanaman ini, mampu bertahan selam 2 minggu jika anda meletaknya ditempat yang minim cahaya, untuk itu tanaman ini cocok anda gunakan sebagai hiasan di dalam ruangan agar ruangan terlihat segar dan teduh.

  1. Tanaman calathea “ tanaman bulu merak”

Bentuk daun yang lebar dan corak belang adalah keindahan yang akan ditawarkan oleh tanaman hias ini. Keunikan daunya ini, menjadikan tanaman ini banyak pencintanya. Corak daunya akan mengingatkan kita pada bulu merak ketika melihatnya. Tanaman ini akan tampak indah jika diletakna didalam ruangan karena dapat bertahan untuk beberapa hari jika diletakan di tempat yang minim cahaya.

  1. Tanaman lili paris yang kuat

Tanaman lili paris sudah lama terkenal di Indonesia. Proses pertumbuhannya yang tergolong cepat dan pertahanannya yang kuat terhadap dingin panas, menjadikam tanaman ini banyak disukai karna perawatannya yang tidak sulitb dan ribet. Karena daunnya yang kecil tanaman ini cocok dijadikan tanaman hias gantung.

  1. Tanaman hias siklok

Tanaman hias yang memiliki nama latin agave attaunata ini memiliki daun yang berwarna putih kehijauan serta tebal dan runcing. Bentuk daunnya yang unik mnjadikan tanaman myang satu ini banyak diminati oleh para kolektor tanaman hias. Perawatannya juga tidak sulit karena tanaman lini sangat tahan terhadap terik matahari sehingga pada saat musim kemarau pun anda dapat merawatnya dengan mudah.

  1. Tanaman caladinum yang cantik sebagai lambing cinta

Tanaman hias daun terahir adalah caladium. Caladium dikelompokan ke dalam famili Araceae. Alocasia, colocasia, dan dan xantosoma termasuk kerabat dekat caladium. Habitat asli caladium adalah daerah yang lembap serta memiliki tanah yang subur dan berhumus. Bentuk daun dan corak warna caladium sangat beragam. Bentuk daun caladium seperti hati, sehingga sering dianggap sebagai tanaman “lambang cinta”. Daunya tipis di topang oleh pangkal daun yang lunak serta berlekuk dengan tepi yang rata ataupun bergerigi. Jika anda melihat tanaman ini, anda akan teringat pada tanaman talas. Selain bentuknya yang seperti hati tanaman ini juga disukai karna warna daunya yang merah muda dan pada seputar sisinya berwarna hijau sehingga terlihat perpaduan yang sangat  indah.

Bagaimana, indah dan beragam bukan? Macam-macam tanaman hias daun di Indonesia memang sangat beragam macamnya, merawatnya adalah bentuk syukur kita pada sang maha kuasa yang telah menciptakan beragam daun dalam bentuk yang beragam dan indah. Disisi lain, menanam tanaman dihalaman juga memberikan efek segar dan mengurangi polusi udara karena tanaman hijau terbukti menghirup CO2 untuk proses potosistesisnya. Selain itu, bagi anda yang menyenangi tanaman merawat tanaman bisa menjadikan kepuasan jiwa jika anda telah melihat tanaman yang dirawat tumbuh besar. Bagi anda yang belum menyukai tanaman semoga artikel admin kali ini dapat menginspirasi anda untuk lebih menyukai tanaman karena tanaman sangat besar manfaatnya.

 

Artikel bermanfaat lainnya :

manfaat air beras

Manfaat Air Beras

Jangan langsung buang air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras. Ternyata, sangat banyak manfaat air beras untuk wajah yang bisa didapatkan. Tak her

Baca selengkapnya

manfaat air jahe

Manfaat Air Jahe

Indonesia terkenal akan berbagai jenis rempah-rempahnya. Beberapa diantaranya, adalah jahe dan jeruk nipis. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai m

Baca selengkapnya

manfaat air kelapa

Manfaat Air Kelapa

Air kelapa muda, ketika menyebut namanya saja sudah terbayang bagaimana nikmatnya mengkonsumsi air kelapa. Air kelapa memang sangat menyegarkan dan baik untuk tubuh kare

Baca selengkapnya