Go Home

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Dalam semua elemen masyarakat di dunia tentunya sudah mengenal minuman yang satu ini. Kopi terkadang menjadi teman disaat mengawali pagi hari maupun disaat berbincang-bincang. Cita rasanya yang unik membuat banyak kalangan masyarakat menjadikan kopi sebagai minuman favoritnya bahkan tidak sedikit dari mereka yang sampai kecanduan.

Kopi merupakan minuman yang sehat bila kita mengkonsumsinya dengan takaran yang benar dan tidak berlebihan. Mengapa kopi itu sehat? Karena kopi memiliki kandungan cafein yang dapat meningkatkan daya kerja otot dan fisik. Serta kandungan antioksidan yang tinggi yang bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas serta dapat mencegah berbagi penyakit.

Nah kabar baik bagi anda salah satu penikmat kopi maupun yang tidak suka kopi.

Beberapa Manfaat Kopi Untuk Kesehatan :

 1. Mencegah Terkena Penyakit Jantung Atau Stroke

penyakit jantung

Sudah jelas kita tidak mau dong sampai mengidap penyakit tersebut? Tentunya ini dapat kita hindari dengan meminum kopi secara rutin dengan takaran dua sampai 3 cangkir per hari. Hal ini didukung dengan adanya riset pada 83.000 wanita yang berusia lebih dari 24 tahun meminum dua hingga tiga cangkir kopi sehari mempunyai resiko terserang penyakit stroke hingga 19% lebih rendah dibanding dengan mereka yang tidak meminum kopi. Riset lain pun menunjukaan kesamaan hasil terhadap sejumlah pria di Finlandia.

2. Resiko Terkena Diabetes Lebih Rendah

diabetes

Dalam studi-studi USDA dan lainnya, dengan meminum secangkir kopi sebelum makan atau dalam keadaan perut kosong dapat berguna menurunkan kadar gula dalam tubuh hingga 50%. Tentunya bagi anda yang tidak mempunyai masalah dengan lambung anda. ini sangat bermanfaat bagi anda yang mengidap ataupun ingin mencegah penyakit diabetes. Kopi yang kaya akan phenols serta antioksidan lainnya dapat meningkatkan produksi insulin, yaitu hormon yang fungsinya membantu tubuh mempertahankan kadar gula darah.

3. Resiko Mengidap Kanker Lebih Rendah

kanker

Pernyataan yang dikemukakan dari American Institute of Cancer Research bahwa terdapat lebih dari 1.000 studi tentang kopi serta dampaknya pada pertumbuhan kanker. Perlu diketahui kopi mengandung fitokimia, yaitu segala jenis zat kimita atau nutrien yang diturunkan dari sumber tumbuhan. yang menguntungkan untuk kesehatan serta berperan aktif dalam pencegahan penyakit seperti kanker payudara, endometrium, kanker hati dan prostat. Dalam sebuah studi pada tahun 2008 di Swedia menemukan bahwa dengan meminum 2 hingga 3 cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara.

 4. Pembangkit Stamina Tubuh

meningkatkan stamina tubuh

Pernahkah anda merasa ngantuk disaat sedang beraktivitas? Tentu, hal tersebut disebabkan terdapatnya Sel Adenosin yang menyebabkan rasa ingin tidur. Disinilah kandungan cafein pada kopi berperan. Kafein mempengaruhi sel Adenosin sehingga menjadikan pergerakan sel tersebut menjadi lebih lambat. Inilah yang membuat perasaan segar lebih lama, tidak gampang ngantuk, detakan jantung lebih cepat serta naiknya tekanan darah.

5. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

meningkatkan metabolisme tubuh

Hampir dalam setiap suplemen pembakar lemak terdapat kandungan kafein. Kafein ini merupakan zat alami dan telah terbukti dapat membantu proses pembakaran lemak pada tubuh. Dalam beberapa studi, kafein menunjukan terjadinya peningkatan tingkat metabolisme tubuh hingga 3-11%. Pada studi lain, secara khusus kafein mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 10% terhadap orang penderita obesitas atau kegemukan serta 29% pada orang normal. Akan tetapi terdapat kemungkinan efek tersebut berkurang pada penikmat kopi jangka panjang.

6. Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian yang mengungkapkan kandungan kafein yang terdapat pada kopi tak saja dapat menahan rasa kantuk namun membantu peningkatan daya ingat. Beberapa peneliti dari Johns Hopkins Unversity, dalam pengematan tentang efek kafein terhadap kemampuan mengingat seseorang. Alhasil, ditemukan terjadinya peningkatan daya ingat seseorang dalam kurunwaktu kurang lebih 24jam setelah meminum.

7. Mengatasi Perubahan Suasanan Hati

pengatur suasana hati

Dalam sebuah penelitian ditemukan terdapatnya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Terutama pada wanita yang sering mengalami depresi atau perubahan suasana hati diakibatkan oleh aktifitas sehari-hari. Seseorang yang meminum kopi dapat mengurangi tingkat depresi hingga 10% bila di bandingkan pada mereka yang tidak meminum kopi sama sekali. Perlu diingat bagi anda yang ingin mendapatkan manfaatnya maka kurangi kandungan gula yang berlebih.

8. Menurunkan Resiko Alzheimer Dan Parkinson

mengurangi terkena penyakit alzheimer

Sudahkah anda tahu apa itu alzheimer dan parkinson? Alzheimer adalah jenis demensia yang umumnya ditandai dengan penurunan daya ingat yang biasanya di iringi dengan perubahan kepribadian serta kemampuan dalam mengekspresikan diri. Parkinson terdapatnya degenerasi pada sel saraf pada bagian otak tengah yang berfungsi mengatur pergerakan. Kedua penyakit ini sering kali ditemukan pada orang tua yang berusia lebih dari 60ahun. Kandungan yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit degradasi fungsi saraf.

Selain daripada manfaat yang terdapat pada kopi. Kita juga harus tetap waspada akan bahaya daripada kopi tersebut. Dengan meminum kopi secara berlebihan akan dampak yang dihasilkan akan membuat kita menjadi kecanduan. Nah berikut adalah beberapa bahaya mengkonsumsi kopi yang tentunya jangan kita anggap sepele apalagi menyangkut tentang kesehatan.

Bahaya Kopi Untuk Kesehatan :

1. Tingginya Detak Jantung

Bagi penderita serangan jantung atau penyakit jantung alangkah baiknya jangan meminum kopi dengan dosis berlebih. Karena kandungan cafein yang terdapat pada kopi dapat meningkatkan detak jantung sehingga akan berbahaya bagi penderita penyakit jantung.

2. Tidak Baik Untuk Janin

Bagi para wanita yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk tidak meminum kopi. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah dan detak jantung pada janin yang berada dalam kandungan. Akibatnya dapat mengalami keguguran.

3. Tekanan Darah Meningkat

Senyawa yang terkadung dalam kopi dapat meningkatkan tekanan darah meningkat. Dan ini sangat mematikan bagi para penderita darah tinggi.

4. Menurunnya Daya Tahan Tubuh

Kandungan Niacin yang terdapat pada kopi merupakan senyawa yang kurang baik untuk tubuh. Karena senyawa tersebut dapat menyerap Vitamin dalam tubuh. Vitamin sendiri tentulah sangat dibutuhkan dalam tubuh untuk melakukan proses-proses yang terdaoat pada tubuh kita. Untuk itu minumlah kopi dengan dosis yang tepat.

5. Merusak Sel Mulut

Terkadang beberapa orang sangat menikmati kopi dengan berbagai cara meminumnya. Salah satunya ketika kopi selagi panas. Nah perlu di perhatikan dengan meminum kopi panas akan mengakibatkan rusaknya sel mulut serta kerongkongan. Sehingga akan berdampak terkena kanker pada bagian tersebut.

6. Insomnia

Seringkali kita mendengar orang-orang berbicara “minum kopi biar ga ngantuk”. Ya tentunya dengan meminum kopi terkadang kita merasa lebih segar dan membuat mata melek lagi. Namun perlu di perhatikan bila mengkonsumsi kopi secara berlebihan ini akan menimbulkan gejala insomnia. Dikarenakan efek dari pada kopi itu sendiri. Selain mengganggu kesehatan tentunya ini dapat mengganggu aktivitas pada esok hari.

7. Meningkatkan Produksi Asam Lambung

Quinic Acid adalah zat yang menentukan rasa asam pada kopi. Kadar Quinic Acid sendiri jumlahnya berbeda-beda. Dengan mengkonsumsi kopi secara berlebih maka kadar keasaman kopi pun bertambah sehingga meningkatkan asam lambung dalam tubuh mengakibatkan terkena penyakit maag.

Setelah mengetahui manfaat serta bahaya dari pada kopi. Biasakanlah mengkonsumsi kopi dengan dosis yang tepat dan tidak berlebih. Segala sesuatu yang berlebihan itu tidaklah baik. Untuk itu perhatikan setiap batasan-batasannya.

Comments

comments

Artikel bermanfaat lainnya :

bahaya minum kopi

Bahaya Minum Kopi

Bahaya Terlalu Banyak Minum Kopi Hitam – Minum kopi merupakan suatu kebiasaan yang banyak dilakukan oleh semua orang di seluruh dunia termasuk orang-orang di Indonesia. Meminum kopi pada dasarnya memiliki manfaat yang baik untuk tubuh yaitu dapat mening

Baca selengkapnya

manfaat kopi bagi pria

Manfaat Kopi Bagi Pria

Ternyata Kopi Bisa Bikin Sperma Lincah   Aktivitas minum kopi di pagi hari mungkin sudah menjadi kebiasaan rutin sebagian orang. Bagi

Baca selengkapnya

manfaat kopi hitam tanpa gula

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Minum kopi hitam memang nikmat, apalagi jika suasana sedang mendukung seperti hujan. Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi selain teh. Sama seperti teh, kopi juga menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan jika mengkonsumsinya seca

Baca selengkapnya