Go Home

Ciri Ciri Lengkuas

Yuk Mengenal Lengkuas ( Laos )

Hai sobat Tentang Lengkuas, pada kesempatan postingan yang pertama ini akan diperkenalkan tentang definisi atau istilah dari nama Lengkuas. Omong-omong sudah pada tahu belum dengan tanaman Lengkuas yang memiliki banyak khasiat atau manfaat terutama bagi kesehatan kita ini? Biasanya orang juga memanggilnya dengan nama tanaman Laos. Yups benar tuh, Lengkuas dan Laos merupakan nama yang sama untuk tanaman yang akan kita bahas ini.


Nama Latin dari Lengkuas atau Laos

Pertama kita mulai dulu dari nama latin Lengkuas ( Laos ) yah. Lengkuas atau Laos mempunyai nama latin Alpinia galanga, Linn., Willd. Kalau sinonimnya sih Lenguas galanga, Linn., Stuntz. Lengkuas atau Laos merupakan familia Zingiberaceae jadi masih satu rumpun dengan Jahe dan Kunyit.

Nama Lokal dari Lengkuas atau Laos

Untuk nama lokal dari Lengkuas sendiri sangat banyak sesuai dengan daerahnya masing-masing. Di Indonesia aja lengkuas mempunyai nama lokal  Lengkuas (Indonesia); Laos (Jawa), Laja (Sunda). Kalau di luar negeri nama lokalnya Greater galingale (Inggris). Mungkin ada dari sobat yang tahu nama lokal yang lain??

Habitat atau Daerah Tumbuh Lengkuas

Lengkuas (Lenguas galanga atau Alpinia galanga) termasuk tumbuhan tegak yang tinggi batangnya mencapai 2 - 2,5 meter mempunyai habitat atau daerah tumbuh sebagai berikut.

a. Keadaan Iklim
  1. Ketinggian tempat : 1 - 1200 m diatas permukaan laut 
  2. Curah hujan tahunan : 2500 - 4000 mm/tahun 
  3. Bulan basah (di atas 100 mm/bulan) : 7 - 9 bulan 
  4. Bulan kering (dibawah 60 mm/bulan) : 3 - 5 bulan 
  5. Suhu udara : 29' C - 25' C. 
  6. Kelembapan : sedang 
  7. Penyinaran : tinggi
b. Keadaan Tanah
  1. Jenis : latosol merah coklat, andosol, aluvial. 
  2. Tekstur : lempung berliat, lempung berpasir, lempung merah, lateristik. 
  3. Drainase : baik 
  4. Kedalaman air tanah : 50 - 100 cm dari permukaan tanah 
  5. Kedalaman perakaran : 10 - 30 cm dari permukaan tanah 
  6. Kesuburan : sedang - tinggi

Ciri - Ciri Tanaman Lengkuas atau Laos

Tanaman Lengkuas ini memiliki perbedaan dan persamaan dengan tanaman sejenis semisal Jahe dan Kunyit. Untuk tanaman Lengkuas mempunyai ciri -ciri sebagai berikut.

  1. mempunyai batang pohon yang terdiri dari susunan pelepah-pelepah daun.
  2. Daun-daunnya berbentuk bulat panjang dan antara daun yang terdapat pada bagian bawah terdiri dari pelepah-pelepah saja, sedangkan bagian atas batang terdiri dari pelepah-pelepah lengkap dengan helaian daun. 
  3. Bunganya muncul pada bagian ujung tumbuhan. 
  4. Rimpang umbi lengkuas selain berserat kasar juga mempunyai aroma yang khas.
Jenis - Jenis Tanaman Lengkuas

Ada 2 macam jenis tanaman Lengkuas yang dikenal yaitu:
1) varitas dengan rimpang umbi (akar) berwarna putih dan
2) vaaritas berimpang umbi merah.


Lengkuas berimpang umbi putih inilah yang dipakai penyedap masakan, sedang lengkuas berimpang umbi merah digunakan sebagai obat.

Apa saja kandungan senyawa kimia yang ada di Lengkuas?

Rimpang lengkuas sangat kaya akan senyawa aktif. Salah satu yang dominan adalah kandungan minyak atsirinya yang dipecah menjadi galangol, galangin, methyl-cinnamate, dan sineol, seskuiterpen, apinen kamfer dan lain-lain. Selain itu, lengkuas juga mengandung resin, kaemferida, kadinen, heksabidrokadalen hidrat, kuersetin, amilum, senyawa flavanoid , sodium, zat besi, vitamin A dan C, fitonutrien dan lain-lain.


Demikian pembahasan mengenai tanaman Lengkuas ini, lain waktu di sambung dengan artikel yang lain seputar Lengkuas..

Semoga bermanfaat..

Artikel bermanfaat lainnya :

morfologi lengkuas

Morfologi Lengkuas

kegunaan lengkuas dan manfaat lengkuas Klasifikasi Dan Morfologi Lengkuas atau laos / Alpinia galanga – Klasifikasi dan morfologi lengkuas ini merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran ren

Baca selengkapnya

budidaya lengkuas

Budidaya Lengkuas

Salah satu rempah yang memiliki nilai jual tinggi di Indonesia adalah lengkuas mengingat masih banyaknya orang yang menggunakan lengkuas sebagai bumbu masakan maupun bahan dasar pengobatan. Tanaman lengkuas

Baca selengkapnya

kandungan lengkuas

Kandungan Lengkuas

Alpinia galanga Lengkuas atau laos (Alpinia galanga) merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian yang bisa hidup di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah. Umumnya masyarakat memanfaatkannya sebagai campuran bumbu masak dan pengobatan tradi

Baca selengkapnya