Go Home

Ciri Ciri Jalak Suren Birahi

Beberapa tips cara mengatasi burung jalak suren stress telah kami persiapkan bagi Anda yang ikut-ikutan stress gara-gara jalak kesayangan Anda sedang tidak bersahabat. Masalah stress bisa dialami oleh burung lain tak terkecuali burung jalak. Efek yang ditimbulkan pun cukup beragam hingga membuat sang pemilik kerap merasa kesal. Ketika seekor burung mengalami hal tersebut otomatis ia akan macet bunyi atau kurang gacor, terlihat gelisah, mabung, tidak napsu makan dan sebagainya. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya, dari mulai faktor lingkungan sampai kepada kesehatan yang memang sedang tergagnggu pada burung tersebut. Penyebab yang paling umum ialah lingkungan dimana sering terganggu oleh keramaian dan kebisingan. Atau bisa juga dikarenakan pola makan yang kurang teratur serta gizi yang tak tercukupi. Menganalisa berbagai kemungkinan yang menjadi penyebabanya adalah langkah awal yang paling tepat sebelum Anda melakukan tindakan lebih lanjut. Berikut penjelasan untuk tips cara mengatasi burung jalak suren stress berdasarkan faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebabnya.

cara mengatasi burung jalak suren stress

1. Lingkungan
Perhatikan lingkungan sekitar. Terkadang kita tidak sadar akan perubahan lingkungan yang dialami oleh si burung. Bisa jadi Anda baru saja mengadakan acara tertentu dimana di acara tersebut ada banyak orang sehingga menimbulkan kebisingan yang berlebihan. Saat itulah siburung bisa kaget dan tertekan. Untuk mengatasinya Anda bisa memindahkan burung jalak ke belakang rumah karena pada umumnya halaman rumah belakang lebih sepi dan tenang. Lakukan uji coba 1 sampai 2 minggu.

2. Pola Makan
Dari sisi pola makan tentu harus teratur baik porsi dan jam nya. Recall kembali jikalau beberapa waktu belakangan ini Anda mungkin sedikit lalai dalam pemberian pakan. Disamping memperbaiki pemberian pakan, jangan lupa pula memberinya extra food dan vitamin.

3. Birahi
Jika Anda memelihara burung jalak secara single, ada kemungkinan ia sedang mengalami birahi tinggi. Saya yakin Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi jalak suren over birahi.

4. Hujan dan Panas
Sering kehujanan dan kepanasan bisa menjadi penyebab burung jalak anda stress. Ciri-ciri yang bisa dilihat adalah burung mengalami penurunan berat badan serta terlihat lesu. Bisa jadi burung jalak anda jatuh sakit.

5. Konsultasi
Sharing bisa dilakukan dengan teman yang sama-sama memelihara jalak suren. Mintalah pendapat mereka barangkali Anda menemukan jawabannya.

Burung jalak memeiliki keistimewaan tersendiri. Selain sebagai burung kicauan, jalak juga bisa sebagai penjaga rumah. Oleh sebab itu kita perlu merawatnya dengan baik dan bijaksana serta gak asal-asalan. Demikian beberapa tips cara mengatasi burung jalak suren stress, semoga berguna.

 

Artikel bermanfaat lainnya :

ternak jalak sangkar gantung

Ternak Jalak Sangkar Gantung

Cara Menangkar Burung Jalak Suren. Burung Jalak Suren adalah jenis burung dari keluarga jalak yang sering kali ditemui di Anak Benua India dan Asia. Tenggara. Jalak ini berukuran sedang, mempunyai dua warna yaitu berwarna hitam

Baca selengkapnya

manfaat air beras

Manfaat Air Beras

Jangan langsung buang air beras yang sudah bersih bekas mencuci beras. Ternyata, sangat banyak manfaat air beras untuk wajah yang bisa didapatkan. Tak her

Baca selengkapnya

manfaat air jahe

Manfaat Air Jahe

Indonesia terkenal akan berbagai jenis rempah-rempahnya. Beberapa diantaranya, adalah jahe dan jeruk nipis. Dan pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai m

Baca selengkapnya