Go Home

Sri Mulyani Akui Data Bansos Tumpang Tindih

Sri Mulyani Akui Data Bansos Tumpang Tindih
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku terdapat tumpang tindih atau overlapping data bantuan sosial (bansos) selama masa pandemi Corona.
Namun dirinya menilai hal tersebut wajar daripada tidak memberikan sama sekali.

Tumpang tindih data, kata Sri Mulyani karena data penyaluran bansos belum termasuk yang diberikan pemerintah daerah.

"Ini belum termasuk banos oleh daerah.
Apakah kemungkinan ada tumpang tindih? Ada, tapi lebih baik daripada tidak dapat," kata Sri Mulyani dalam video conference, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Dia bilang penyaluran bansos oleh pemerintah pusat selama Corona sudah mencakup sekitar 55% penduduk Indonesia.
Bansos tersebut termasuk dari program keluarga harapan (PKH), Kartu Sembako, sembako, bantuan langsung tunai (BLT), bansos dana desa, subsidi dan diskon tarif listrik, hingga program Kartu Pra Kerja.

"Ini penggambaran perluasan bansos COVID berdampak ke masyarakat masif, dan terjadi overlapping dan sistem penjaminan sosial harus lebih baik dan harus realible dari pendataannya," jelasnya.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, realisasi penyaluran bansos per 6 Mei 2020 antara lain seperti PKH mencapai Rp 16,56 triliun, Kartu Sembako atau BNPT sebesar Rp 14,1 triliun, lalu untuk bansos sembako di DKI Jakarta Rp 284,1 miliar, sedangkan bansos tunai, realisasinya mencapai Rp 3,489 triliun, bansos dana desa sebesar Rp 63,25 miliar, dan Kartu Pra Kerja sebesar Rp 1,62 triliun.

Simak Video "Jokowi Minta Data Bansos Dibuka Biar Tak Ada Kecurigaan"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/dna)

Artikel bermanfaat lainnya :

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

Momentum ini menjadi suatu reminder atau pengingat bagi orang tersebut."Entah baju, restorannya, entah itu lagu itu terkait dengan hal-hal tersebut kemudian terjadi sesuatu, misalnya ditutup lah tempatnya, band musiknya bubar, penyanyinya ada yang passed

Baca selengkapnya

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Sebagian besar beranggapan kenaikan tagihan listrik tak masuk akal, melebihi dari kenaikan konsumsi yang terjadi selama WFH.Pertanyaan timbul, ini beneran karena pemakaian yang berlebihan atau tarif listriknya naik?Nah, Podcast Tolak Miskin kali ini akan

Baca selengkapnya

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 di Inggris

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 Di Inggris

Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sibuk lalu lalang menjemput para pasien Corona. Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia.

Baca selengkapnya