Go Home

Soal Natuna, Mahfud Md Tegaskan RI Tak Akan Negosiasi Dengan China

Soal Natuna, Mahfud Md Tegaskan RI Tak Akan Negosiasi dengan China
Malang - Menko Polhukam, Mahfud Md, memastikan pemerintah Indonesia tidak akan bernegosiasi dengan pemerintah China terkait persoalan perairan Natuna.
Berdasarkan Konvensi PBB tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982, perairan Natuna merupakan wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia sehingga tidak perlu negosiasi bilateral.

"Terkait dengan kapal ikan RRT yang dikawal resmi pemerintah Tiongkok di Natuna, prinsipnya begini, Indonesia tidak akan melakukan negosiasi dengan Tiongkok," kata Mahfud,usai menghadiri Peringatan Dies Natalis Ke-57 Universitas Brawijaya di Kota Malang, Jawa Timur seperti dilansir Antara, Minggu (5/1/2020).

Sebelumnya, telah terjadi pelanggaran oleh kapal-kapal China di wilayah ZEE Indonesia di perairan Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.
Kapal-kapal tersebut melakukan penangkapan ikan di wilayah ZEE Indonesia.


Jika pemerintah Indonesia melakukan negosiasi dengan pemerintah China, kata Mahfud, secara tidak langsung akan mengakui bahwa ada sengketa antara Indonesia dan China terkait dengan perairan Natuna.
Padahal, lanjut Mahfud, perairan Natuna milik Indonesia secara utuh sehingga tidak diperlukan negosiasi atau perundingan dengan pemerintah China.

"Tiongkok tidak punya hak untuk mengklaim daerah tersebut.
Jika kita berunding dengan Tiongkok, kita mengakui bahwa perairan itu ada sengketa.
Namun, ini tidak ada sengketa, dan mutlak milik Indonesia secara utuh," kata Mahfud menegaskan.

Mahfud mengatakan bahwa pemerintah Indonesia tidak membentuk tim negosiasi dengan pemerintah Tiongkok terkait dengan masalah perairan Natuna.
Indonesia akan mempertahankan kedaulatan negara, termasuk perairan Natuna.

"Kami tidak membentuk tim negosiasi, tidak ada.
Kami akan mempertahankan kedaulatan kita, dan akan kami usir dengan segala kemampuan yang ada," ujar Mahfud.

Perang Opini Indonesia Vs China soal Laut Natuna:

[Gambas:Video 20detik]

(imk/imk)

Artikel bermanfaat lainnya :

Ada di PTIK Saat Tim OTT KPK 'Mengejar'? Begini Jawaban Sekjen PDIP

Ada Di PTIK Saat Tim OTT KPK 'Mengejar'? Begini Jawaban Sekjen PDIP

Kabar yang beredar itu menyebutkan tim itu akan menjerat Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto terkait OTT terhadap komisioner KPU Wahyu Setiawan.Dari informasi yang beredar, Hasto berada di PTIK untuk `sembunyi` dari kejaran tim KPK. Namun KPK menyebut ada kesa

Baca selengkapnya

Pengakuan Tersangka Febi soal Prostitusi di Kafe Remang-remang Jakut

Pengakuan Tersangka Febi Soal Prostitusi Di Kafe Remang-remang Jakut

Febi bekerja sejak 6 bulan lalu."Saya bekerja dengan Mami sejak sekitar 6 bulan yang lalu," kata Febi saat berbincang dengan wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (24/1/2020).Febi menyebut awalnya dia kenal Mami, pemilik Cafe Khayangan, dari PSK y

Baca selengkapnya

Kesuksesan Album Debut Billie Eilish Sampai di Grammy Awards 2020

Kesuksesan Album Debut Billie Eilish Sampai Di Grammy Awards 2020

Album debutnya yang berjudul `WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?` berhasil masuk dalam nominasi Album of the Year di Grammy Awards 2020.`WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?` merupakan album yang rilis pada Maret 2019. Sebelum masuk nominasi Gr

Baca selengkapnya