Go Home

4 Penumpang MRT Dukuh Atas Positif Virus Corona Usai Swab Test

4 Penumpang MRT Dukuh Atas Positif Virus Corona Usai Swab Test
Jakarta -

Hasil rapid test tahap pertama yang dilakukan Badan Intelijen Negara (BIN) di Stasiun MRT Dukuh Atas menunjukkan 4 penumpang reaktif virus Corona (COVID-19).
Hasil rapid test itu kemudian dikonfirmasi melalui swab test yang hasilnya menyatakan bahwa 4 penumpang tersebut positif virus Corona.

"Rapid test sebelumnya di Dukuh Atas pada 6 Mei 2020 lalu, ada empat warga dinyatakan positif setelah hasil uji swab.
Keempat warga selanjutnya dirujuk ke RS Darurat Wisma Atlet," kata Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Raditya Jati dalam keterangannya, Jumat (8/5/2020).

Rapid test ini dilakukan BIN sebagai upaya deteksi awal penyebaran virus Corona dan akan dilakukan dua kali seminggu di wilayah Jakarta.
Jika ada yang positif, orang tersebut akan langsung dites swab yang hasilnya diketahui 5 jam kemudian.

"Alur proses pemeriksaan massal dilakukan dengan melakukan pendaftaran dengan memberikan kartu registrasi kemudian dilakukan rapid test.
Jika positif, warga langsung diuji dengan pendekatan uji swab, yang hasilnya dapat diketahui 5 jam berikutnya," ujar Jati.

BIN menyiapkan 500 alat tes setiap melakukan rapid test di wilayah Jakarta.
Selain itu, Jati menjelaskan, dalam rapid test ini petugas juga menggunakan Helm Thermal KC Wearable untuk mengecek suhu tubuh pengunjung yang datang.

"Selain itu, petugas juga dilengkapi dengan helm monitoring suhu tubuh yang dapat langsung dipantau secara real time.
Alat monitoring dilengkapi dengan kamera sekaligus sebagai sensor dan layar kacamata untuk melihat hasil monitor serta dilengkapi dengan dua buah baterai sebagai sumber daya dengan daya tahan satu baterai sampai dengan 5 jam," pungkasnya.

(azr/zak)

Artikel bermanfaat lainnya :

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

Momentum ini menjadi suatu reminder atau pengingat bagi orang tersebut."Entah baju, restorannya, entah itu lagu itu terkait dengan hal-hal tersebut kemudian terjadi sesuatu, misalnya ditutup lah tempatnya, band musiknya bubar, penyanyinya ada yang passed

Baca selengkapnya

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Sebagian besar beranggapan kenaikan tagihan listrik tak masuk akal, melebihi dari kenaikan konsumsi yang terjadi selama WFH.Pertanyaan timbul, ini beneran karena pemakaian yang berlebihan atau tarif listriknya naik?Nah, Podcast Tolak Miskin kali ini akan

Baca selengkapnya

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 di Inggris

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 Di Inggris

Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sibuk lalu lalang menjemput para pasien Corona. Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia.

Baca selengkapnya