Go Home

Paparan Radioaktif Di Batan Indah Tangsel Bisa Bikin Mandul Dan Kanker

Paparan Radioaktif di Batan Indah Tangsel Bisa Bikin Mandul dan Kanker
Jakarta -

Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) menemukan paparan radioaktif di area di Perumahan Batan Indah, Tangerang Selatan (Tangsel).
Kepala Biro Hukum, Kerja Sama, dan Komunikasi Publik Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten), Indra Gunawan mengatakan paparan berlebihan radioaktif sangat berbahaya untuk kesehatan manusia.

"Secara umum paparan radiasi berlebihan itu secara umum itu, kan sifatnya yang karsinogenik, artinnya menyebabkan kanker, kemudian yang paling populer dia menyebabkan infertilitas atau kemandulan kepada orang, kalau untuk yang laki-laki kemudian perubahan kromosom," kata Indra kepada detikcom, Jumat (14/2/2020) malam.

Indra mengatakan paparan radiasi yang membahayakan kesehatan itu tak mudah diketahui.
Selain itu, dampak terhadap kesehatan juga baru diketahui dan terasa setelah sekian lama terapapar.

"Cuma kan efeknya sifatnya tidak spontan, itu yang malah jadi bahaya karena aware kita terhadap radiasi, beda dengan terbakar, dia tidak berbau, tidak berasa, membuat kita tidak bisa deteksi ada paparan radiasi berlebihan di seitar kita kecuali menggunakan alat," ungkapnya.

Sebelumya, Bapeten melakukan uji fungsi pemantau radioaktivitas lingkungan bergerak (Mobil RDMS-MONA) dengan memantau radioaktivitas lingkungan di area Jabodetabek.
Pada Januari 2020, BAPETEN melakukan uji fungsi dengan target area meliputi wilayah Pamulang, Perumahan Dinas Puspiptek, Daerah Muncul dan Kampus ITI, Perumahan Batan Indah, dan Stasiun KA Serpong.

Artikel bermanfaat lainnya :

Rapat Perdana Panja Jiwasraya Bareng Jampidsus Kejagung Digelar Tertutup

Rapat Perdana Panja Jiwasraya Bareng Jampidsus Kejagung Digelar Tertutup

Dalam rapat pertama ini Panja Komisi III memanggil Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Jampidsus Kejagung)."Jadi hari ini mulai kita lakukan rapat dengan Jampidsus," kaya Ketua Panja Jiwasraya Komisi III Herman Herry di Kompleks

Baca selengkapnya

Potret Kakek Samirin yang Dipenjarakan karena Ambil Sisa Getah Karet Rp 17 Ribu

Potret Kakek Samirin Yang Dipenjarakan Karena Ambil Sisa Getah Karet Rp 17 Ribu

Dibagi dalam 16 kategori, seperti apa karya yang berhasil menjadi jawara? FotoinetKarya Keren Jawara Kontes Fotografi Bawah AirUnderwater Photography Guide baru saja mengumumkan pemenang kontes 2019 Ocean Art.

Baca selengkapnya

Diduga Mesum dengan Perempuan Lhokseumawe, WN Portugal Kena Gerebek

Diduga Mesum Dengan Perempuan Lhokseumawe, WN Portugal Kena Gerebek

Keduanya kini diserahkan ke polisi."Pasangan ini digerebek oleh masyarakat Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe tadi malam sekitar pukul 23.00 WIB. Setelah digerebek, keduanya diserahkan ke kita," kata Kasat Pol PP dan WH Kota Lhokseumawe Muhammad Irsyadi sa

Baca selengkapnya