Go Home

Bertambah 1, Klaster Penularan Corona Di DIY Jadi 4

Bertambah 1, Klaster Penularan Corona di DIY Jadi 4
Yogyakarta -

Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas Penanganan COVID-19 menyebut terdapat tambahan satu klaster penularan virus Corona (COVID-19) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
Sehingga saat ini ada empat klaster penularan Corona di DIY.

"Klaster besar terbaru adalah klaster Supermarket Indogrosir.
Klaster ini dimulai dengan ditemukannya satu kasus terkonfirmasi yang merupakan karyawan supermarket tersebut pada tanggal 24 April," kata anggota Tim Perencanaan Data dan Analisis Gugus Tugas COVID-19 DIY, dr Riris Andono Ahmad, di kantor BPBD DIY, Jumat (8/5/2020).

Hasil investigasi kontak erat pertama didapatkan ada 10 kontak erat dengan kasus pertama.
Dan hasil rapid test menemukan lima kontak erat tersebut reaktif terhadap rapid test screening lanjutan dilakukan dan data sampai dengan tanggal 7 Mei 2020.

Kemudian Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman telah melakukan rapid test 338 karyawan Indogrosir dengan 57 di antaranya hasilnya adalah reaktif (16,8%).
Screening akan dilanjutkan kepada masyarakat yang berkunjung pada periode 25 April-4 Mei.

"Dengan adanya klaster besar keempat tersebut, menunjukkan indikasi adanya penularan lokal yang sudah meluas.
Dengan skala penularan yang sudah meluas, maka penemuan kasus dilakukan dengan pendekatan screening dibandingkan dengan melakukan contact tracing," ucapnya.

Dengan semakin meluasnya penularan di komunitas, maka masyarakat diimbau agar selalu waspada terhadap potensi penularan dengan melakukan social distancing secara konsisten.
Imbauan juga diberikan kepada semua pelaku bisnis, terutama bisnis retail maupun layanan jasa lainnya yang berhubungan dengan masyarakat banyak.

Artikel bermanfaat lainnya :

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

Momentum ini menjadi suatu reminder atau pengingat bagi orang tersebut."Entah baju, restorannya, entah itu lagu itu terkait dengan hal-hal tersebut kemudian terjadi sesuatu, misalnya ditutup lah tempatnya, band musiknya bubar, penyanyinya ada yang passed

Baca selengkapnya

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Sebagian besar beranggapan kenaikan tagihan listrik tak masuk akal, melebihi dari kenaikan konsumsi yang terjadi selama WFH.Pertanyaan timbul, ini beneran karena pemakaian yang berlebihan atau tarif listriknya naik?Nah, Podcast Tolak Miskin kali ini akan

Baca selengkapnya

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 di Inggris

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 Di Inggris

Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sibuk lalu lalang menjemput para pasien Corona. Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia.

Baca selengkapnya