Go Home

Daftar 4 Daerah Baru Yang Akan Dibangun Kota Mandiri

Daftar 4 Daerah Baru yang Akan Dibangun Kota Mandiri
JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun 10 kota mandiri baru yang selama periode 2015-2019.
Kesembilan kota baru tersebut yakni Maja, Banten, Padang, Palembang, Pontianak, Banjar Baru, Tanjung Selor, Makasar, Manado, Sorong dan Jayapura.
Direktur Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Dadang Rukmana mengatakan selain kesepuluh kota baru tersebut, pihaknya tengah mengusulkan 4 daerah yang berpotensi untuk dibangun kota mandiri baru.
Keempat daerah tersebut meliputi Sovivi di Maluku Utara, Tanjung Selor, Kalimantan Utara dan Sei Mangkai di Sumatera Utara "Selain 10 kota baru PUPR juga menginisiasi 4 usulan yang berpotensi yaitu Sovivi di Maluku Utara, Tanjung Selor, Kalimantan Utara dua-duanya ibu kota provinsi baru, Sri Mangkei di Sumatera Utaraada investasi untuk hilirisasi sawit," ujarnya saat ditemui di Hotel Rafless, Jakarta, Rabu (14/2/2018).
Menurutnya Dadang, usulan penambahan tersebut sedang dalam tahap grand desain yang dilakukan oleh Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas).
Sambil menunggu keluarnya grand desain, Kementerian PUPR juga sedang dalam tahap rencana pembangunan infrastruktur.
"Dari semuanya sudah disusun rencana pembangunan infrastrukturnya tapi kita masih tunggu grand desainnya oleh Bappenas, sambil jalan untuk Maja kita sudah mulai PU telah set up mou dengan pemda dan pengembang untuk mendukung Maja sbagai kota baru," jelasnya.
Sementara itu lanjut Dadang, pihaknya juga telah lebih dahulu membangun kota mandiri di Maja, Lebak, Tangerang.
Dalam pengembangnya, pemerintah dibantu dengan lima pengembang besar swasta seperti Ciputra Group, Agung Podomoro Land (APL) hingga Sinarmas Land.
"Maja sudah bergerak, di situ Kementerian PU sudah membangum dan untuk mendukung kebutuhan air baku di maja, juga sekarang sedang merencanakan jalan akses jakarta-maja sejauh 51 km, dan juga water treatment di rangkas bitung, dan juga waste water treatment sedang dikerjakan cipta karya.
Sedangkan dirjen penyedian perumahan kita mendukung pembangunan rusunawa yg diusulkan oleh Kabupaten Lebak masih dalam wilayah itu saya kira itu di sekitar stasiun maja," jelasnya.
Setelah pembangunan kota baru mandiri di Kota Baru Maja, Lebak Banten terealisasi pada tahun 2017, kini pihaknya tengah bersiap membangun di daerah lainnya.
Salah satu daerah yang menjadi target pembangunan kita baru mandiri selanjutnya yakni Padang, Sumatera Barat.
Dadang menyebut kondisi didaerah Padang sangat rawan akan bencana.
Selain itu, pertumbuhan ekonomi dan penduduk pada daerah tersebut juga dinilai sudah terlalu padat.
"Mungkin kita di Padang dulu.
Karena di Padang itu kan daerahnya rawan bencana ya daerahnya.
Jadi kita perlu menyiapkan areal baru di sana untuk mengurangi pertumbuhan perkotaan di Ladangnya sendiri," jelasnya.
(rzy)

Artikel bermanfaat lainnya :