Go Home

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Di Indonesia Sepekan Ke Depan

BMKG: Waspada Potensi Cuaca Ekstrem di Indonesia Sepekan ke Depan
Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi masih adanya potensi curah hujan yang ekstrem di beberapa wilayah Indonesia.
Curah hujan yang ekstrem tersebut akan terjadi dalam sepekan ke depan.

"Berkurangnya pola tekanan rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) dan meningkatnya pola Tekanan Rendah di wilayah Belahan Bumi Selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia, meningkatnya pola tekanan rendah di BBS (sekitar Australia) dapat membentuk pola konvergensi (pertemuan massa udara) dan belokan angin menjadi signifikan meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia terutama di bagian selatan ekuator," kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R.
Prabowo dalam keterangannya kepada wartawan, Minggu (5/1/2020).

Sementara itu, kata Mulyono, berdasarkan model prediksi, aktifitas Madden Julian Oscillation (MJO) fase basah diprediksikan mulai aktif di sekitar wilayah Indonesia selama periode sepekan ke depan.
Menurutnya, kondisi ini tentunya dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan cukup signifikan di wilayah Indonesia.

"BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan potensi cuaca ekstrem dan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi di beberapa wilayah sebagai berikut ini," ungkapnya.

BMKG mengimbau masyarakat waspada dan hati-hati.
Cuaca ekstrem itu dapat berdampak pada banjir, tanah longsor, hingga gelombang tinggi.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.
Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi diimbau agar selalu waspada," katanya.

Artikel bermanfaat lainnya :

Mobil Terlaris Daihatsu di Oktober 2019

Mobil Terlaris Daihatsu Di Oktober 2019

Di posisi pertama ada di kelas Low Cost Green Car (LCGC) Sigra, tercatat LCGC berkapasitas tujuh penumpang ini masih menjadi mobil terlaris PT ADM dengan penjualan di Oktober sebesar 4.436 unit, meningkat dari bulan sebelumnya 3.523 unit. Foto: Daihatsu

Baca selengkapnya

Tolong! Daerah Rumah Kevin Andrean Masih Berlumpur Pascabanjir

Tolong! Daerah Rumah Kevin Andrean Masih Berlumpur Pascabanjir

Kondisi Blok Y 13, Perumahan Villa Nusa Indah 2, Gunung Putri, Bogor, masih sangat tebal, belum ada bantuan," ungkap Kevin Andrean, Selasa (7/1/2020). Barang-barang di rumahnya pun rusak karena lumpur yang coklat dan tebal itu. Lumpur tebal, sebetis ora

Baca selengkapnya

RSPI Sulianti Saroso Siap Antisipasi Virus Corona

RSPI Sulianti Saroso Siap Antisipasi Virus Corona

Sebelumnya, Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, juga telah mengeluarkan surat keterangan hasil uji laboratorium terkait terduga pasien virus Corona.

Baca selengkapnya