Hari raya lebaran adalah momen yang paling dinantikan oleh kaum muslimin setelah satu bulan menjalankan ibadah puasa Ramadan.
Tak heran, banyak orang yang rela menghabiskan uang yang tak sedikit untuk merayakan hari lebaran dengan meriah dan istimewa.
Nah, agar pengeluaran tetap stabil dan tidak membengkak, berikut tips mengatur keuangan menjelang lebaran yang bisa kamu terapkan!

1.
Membuat Perencanaan


Langkah awal untuk menghindari pengeluaran tak terkendali menjelang lebaran adalah dengan membuat perencanaan keuangan dan rincian pengeluaran.
Jangan sampai setelah lebaran berlalu kamu baru menyadari kalau pengeluaranmu membengkak hebat bahkan sampai defisit.
ya, Ladies.

Oleh karena itu, kamu perlu membuat daftar rencana pengeluaran secara detail beserta besaran nominalnya minimal satu minggu sebelum lebaran.
Mulailah dengan merinci pengeluaran untuk berbelanja kebutuhan lebaran, salam tempel hingga membeli baju lebaran jika memang perlu.

2.
Fokus Pada Kebutuhan


Saat membuat rincian belanja untuk keperluan lebaran, sesuaikanlah daftar barang-barang yang akan dibeli dengan dana yang ada.
Prioritaskan daftar belanja untuk barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, bukan hanya keinginan semata.
Dengan begitu, kamu masih bisa menyisihkan anggaran dana darurat serta tabungan untuk memenuhi kebutuhan pasca lebaran.

3.
Tidak Tergoda Diskon


Semakin mendekati hari lebaran, kamu pasti akan menemukan berbagai penawaran diskon menarik.
Namun bukannya membuat hemat, penawaran diskon umumnya justru bikin kamu terjebak membeli barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.
Oleh karena itu, pastikan kamu fokus pada daftar belanja yang telah dibuat agar terhindar dari impulsive buying akibat tergoda promo dan diskon.
 

4.
Sisihkan Uang THR


Sebelum menggunakan uang THR untuk keperluan lebaran, pastikan kamu telah menyisihkan setidaknya 20% bagiannya untuk ditabung.
Kamu juga perlu memperhatikan untuk menggunakan uang THR secara bijak dengan melakukan alokasi berdasarkan skala prioritas.
 

Saat lebaran, pengeluaran memang menjadi lebih banyak dan besar dari biasanya.
Namun dengan melakukan perencanaan dan bijak dalam mengaturnya, semoga kita terhindar dari kondisi finansial yang semrawut pasca lebaran ya, Ladies.
Selamat lebaran!