Go Home

4 Analisis Dr Boyke Soal Viral Predator Fetish Kain Jarik

4 Analisis dr Boyke Soal Viral Predator Fetish Kain Jarik
Jakarta -

Beberapa waktu lalu, media sosial Twitter dihebohkan dengan dugaan fetish yang berkedok riset ilmiah dan nama Gilang.
Gilang ini disebut memiliki riset `bungkus-membungkus` yang mengharuskan korbannya `dibungkus` kain menyerupai pocong.

Kisah ini dijelaskan pada akun Twitter @m_fikris yang mengaku dirinya menjadi salah satu korban dari Gilang.
Ia membantu `riset` Gilang yang mengharuskan dirinya dibungkus kain sampai tiga jam.
Tetapi, ia akhirnya sadar bahwa `riset` yang dilakukan Gilang itu untuk melecehkan dirinya dan diberitahu temannya bahwa tindakan itu termasuk fetish.

"Nah setelah gue ngobrol ama temen gw.
Katane hal2 kek pocong (dibungkus jarik) itu adalah fetish/kink gitu lah.
Gw dikasih link beritane, gw kirim ke gilang dong.
Dan ampe gw nulis ini gak dibales," tulis akun tersebut.

Menanggapi ini, pakar seks dr Boyke Dian Nugraha pun menilai beberapa hal dari kasus tersebut.
Berikut detikcom rangkum penilaian kasus dari sisi dr Boyke.

1.
Termasuk kelainan seksual fetish

dr Boyke menilai kasus `Gilang dan bungkus-membungkus` ini memang memiliki unsur paraphilia atau penyimpangan seksual, yang di dalamnya termasuk fetish.
Fetish merupakan kondisi di mana seseorang memiliki rangsangan pada objek-objek tertentu yang tidak biasa, seperti misalnya benda mati.

"Fetish itu penyimpangan seksual, jadi penyimpangan seksual kita kenal dengan paraphilia.
Paraphilia itu keterangsangan seseorang sampai dia orgasme itu dengan objek-objek yang tidak biasa," kata dr Boyke saat dihubungi detikcom.

"Misalnya, dia tertarik pada objek-objek seperti sepatu ataupun celana dalam, ataupun yang tadi kaya kain-kain kafan itupun juga sebenarnya fetish," lanjutnya.

2.
Ada kecenderungan `multiple` penyimpangan seksual

Selain fetish, dr Boyke juga menilai ada kecenderungan penyimpangan seksual lainnya dalam kasus Gilang ini.
dr Boyke menyebut adanya sadisme, hingga voyeurism.

"Tetapi, yang anehnya itu adalah mulutnya ditutup dulu, itu berarti dia ada ketertarikan kepada objek-objek yang unusual.
Dan setelah itu, karena dia ditutup dengan lakban matanya, itu ada efek sedikit sadismenya juga di situ," jelas dr Boyke.

Menurut dr Boyke, orang yang memiliki fetish seringkali tidak hanya memiliki satu gangguan saja.
Orang itu bisa memiliki lebih dari satu atau multiple penyimpangan seksual.

"Selain efek sadismenya, dia memposting hasil karya dia pada orang lain.
Berarti dia ada voyeurism-nya juga, senang menonton apa yang dia lakukan pada korbannya tersebut," ujar dr Boyke.

"Makanya pada paraphilia itu seringkali tidak hanya fetish saja.
Kadang-kadang dia multiple paraphilia-nya, ada sedikit sadisnya, ada voyeurism-nya, jadi seperti itu," lanjutnya.

Artikel bermanfaat lainnya :

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

McD Sarinah Tutup, Kenapa Kenangan Masa Lalu Selalu Bikin Baper?

Momentum ini menjadi suatu reminder atau pengingat bagi orang tersebut."Entah baju, restorannya, entah itu lagu itu terkait dengan hal-hal tersebut kemudian terjadi sesuatu, misalnya ditutup lah tempatnya, band musiknya bubar, penyanyinya ada yang passed

Baca selengkapnya

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Podcast Tolak Miskin: Tagihan Listrik Tiba-tiba Bengkak! Kok Bisa?

Sebagian besar beranggapan kenaikan tagihan listrik tak masuk akal, melebihi dari kenaikan konsumsi yang terjadi selama WFH.Pertanyaan timbul, ini beneran karena pemakaian yang berlebihan atau tarif listriknya naik?Nah, Podcast Tolak Miskin kali ini akan

Baca selengkapnya

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 di Inggris

Potret Kesibukan Petugas Ambulans COVID-19 Di Inggris

Tak ayal, petugas ambulans pun tampak sibuk lalu lalang menjemput para pasien Corona. Inggris memiliki 207 ribu kasus COVID-19 dan tertinggi keempat dunia.

Baca selengkapnya