Go Home

313 Km Tol Trans Sumatera Ditarget Operasi 2020, Ini Daftarnya

313 Km Tol Trans Sumatera Ditarget Operasi 2020, Ini Daftarnya
Jakarta -

Sepanjang 313 km Tol Trans Sumatera ditargetkan beroperasi pada tahun ini.
Ruas-ruas tol tersebut akan menyusul 470 km yang telah beroperasi hingga saat ini.

Mengutip keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (29/1/2020), Tol Trans Sumatera yang ditargetkan menyusul beroperasi pada 2020 di antaranya Tol Kayuagung-Palembang-Betung 111,69 km, Pekanbaru-Dumai 131 km, Pekanbaru-Padang (Segmen Padang-Sicincin) 30,4 km, Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 1 (Tebing Tinggi-Indrapura) 20,40 km, Tol Medan-Binjai seksi 1 (Tanjung Mulia-Helvetia) 6,27 km, dan Banda Aceh-Sigli Seksi 4 (Indrapuri-Blang Bintang) 13,5 km.

Adapun Jalan Tol Trans Sumatera yang hingga saat ini sudah beroperasi panjangnya mencapai 470 km.
Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni-Terbanggi Besar 140,9 km, Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung 189 km, Palembang-Indralaya 21,93 km, Medan-Binjai 13,08 km, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi 61,72 km, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa 43 km.

Kementerian PUPR sendiri menargetkan dalam kurun waktu lima tahun ke depan periode 2020 hingga 2024, Jalan Tol yang akan terbangun di seluruh Indonesia mencapai 2.
500 km.
Sebagian ruas yang ditargetkan tersebut, sekitar 2.
000 km meliputi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera yang ditargetkan keseluruhannya dapat selesai konstruksi pada 2024 mendatang.

"Jika melihat capaian selama empat tahun terakhir maka Tol Trans Sumatera dari Bakauheni sampai Banda Aceh dengan panjang sekitar 2.
000 Km, akan tersambung secara bertahap hingga tahun 2024," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangannya.

Kehadiran konektivitas Jalan Tol Trans Sumatera diyakini akan memberikan dampak positif dalam memangkas biaya logistik sehingga daya saing produk Indonesia semakin meningkat.
Selanjutnya, Tol Trans Sumatera juga akan mendukung aksesibilitas pengembangan wilayah yang berada di sekitar jalan tol tersebut.

Tak cuma itu, efisiensi waktu tempuh perjalanan di Pulau Sumatera yang terkoneksi dengan Jalan Tol di setiap wilayahnya kini semakin cepat.
Hal tersebut sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang telah melintasi beberapa jalan tol yang telah beroperasi.

Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/ara)

Artikel bermanfaat lainnya :

Diprediksi 5 Makanan Sehat Ini Akan Jadi Tren di Tahun 2020

Diprediksi 5 Makanan Sehat Ini Akan Jadi Tren Di Tahun 2020

Oleh karena itu makanan sehat dan bernutrisi banyak dipilih orang dan akan menjaditren makanan di tahun 2020.Tidak ada lagi junk food atau fast food yang dulu sangat digemari oleh banyak orang. Tak terkecuali dari kalangan millennial yang selama ini dike

Baca selengkapnya

Ingat! Gejala Sakit Jantung yang Begini Kerap Disangka Nyeri Lambung

Ingat! Gejala Sakit Jantung Yang Begini Kerap Disangka Nyeri Lambung

Orang bisa meninggal mendadak secara alami penyebabnya antara serangan jantung, stroke atau diseksi aorta," papar dr Vito.Membedakan gejala serangan jantung dengan sakit lambung memang sulit. Awalnya, ibu dari penyanyi Rizky Febian itu dikabarkan meningg

Baca selengkapnya

BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir di Jaksel-Jaktim Hari Ini

BMKG: Waspada Hujan Disertai Petir Di Jaksel-Jaktim Hari Ini

Sementara itu, hujan lokal diprediksi mengguyur Jakarta Barat pada siang hari dan wilayah Kepulauan Seribu pada pagi dan dini hari.Suhu diprediksi berkisar antara 24-32 derajat. Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi

Baca selengkapnya